Kamis, 18 April 2013

DFD PERPUSTAKAAN

DFD SISTEM PERPUSTAKAAN

Pada sebuah Taman Bacaan Anak-Anak terdapat sistem pendaftaran peminjam, peminjaman buku dan pengembalian buku sebagai berikut :
Untuk sistem pendaftaran peminjam, pemilik Taman Bacaan akan meminta data peminjam buku berupa nama dan alamat peminjam.  Data tersebut dituliskan pada buku Daftar Peminjam Buku (DPB).  Pada daftar peminjam tersebut, selain terdapat nama dan alamat peminjam, juga terdapat data mengenai tanggal masuk peminjam tersebut sebagai anggota Taman Bacaan tersebut.   Setelah diterima sebagai anggota Taman Bacaan tersebut, maka peminjam baru boleh meminjam buku.
Dalam sistem peminjaman buku terdapat aturan-aturan sebagai berikut :
  1. Peminjam harus terdaftar sebagai anggota atau mempunyai nomor anggota
  2. Masa waktu peminjaman hanya boleh 7 hari, jika melebihi jangka waktu tersebut, akan dikenakan denda Rp 100,-/hari untuk setiap buku yang terlambat dikembalikan.
  3. Buku yang dipinjam oleh anggota (berada di pihak anggota) maksimal 10 buku
Apabila persyaratan telah dipenuhi, maka pemilik akan mendata buku tersebut dan dituliskan pada Buku Peminjaman Buku (BPB) yang dituliskan mengenai nama peminjam, nama buku dan tanggal pinjam.  Juga dituliskan mengenai tanggal buku tersebut harus dikembalikan.
Untuk sistem pengembalian buku adalah petugas Taman Bacaan akan memeriksa pada BPB dan dilihat tanggal berapa buku tersebut harus diterima.  Apabila ternyata buku tersebut terlambat dikembalikan , petugas Taman Bacaan akan menagih jumlah uang sesuai dengan perhitungan yang ditagihkan langsung pada saat itu juga.  Apabila denda telah dibayarkan, anggota dapat meminjam buku lagi.
cara penyelesaiannya dengan menggunakan powerd designer 15 yaitu :
1. Jalankan power designer 15

2. Pilih model yang akan digunakan

3.Butlah diagram sesuai dengan narasi, menggunakan pallet yang tersedia

4.Gambarkan DFD level 1

5. Setelah DFD level 1 terbentuk maka buatlah 1 buah proses.

6. Proses tersebut di decompos dengan cara meng-klik kanan pada gambar proses.

7.Kemudian akan muncul suatu form baru, cut proses tersebut dan paste pada proses yang telah di decompose dengan cara mengklik tombol open diagram.



8. Setelah berhasil di paste kemudian insert eksternal entity nya. sehingga membentuk seperti gambar di bawah ini.

9. Setelah itu periksa kembali aliran proses, proses dan alir data nya


10. Berdasarkan narasi diatas maka DFD level 0 akan membentuk 3 proses yaitu pendaftaran anggota,  peminjaman buku dan pengembalian buku



Sekian Penjelasan untuk pembuatan DFD perpustakaan saya pada postingan kali ini see you bro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar